Senin, 25 Juni 2012

Siasat Hadapi Rekan Kerja yang Menyebalkan

Siasat Hadapi Rekan Kerja yang Menyebalkan

MEMILIKI rekan kerja yang tidak menyenangkan menjadi tantangan tersendiri untuk menghadapinya. Untuk mengatasinya, Anda perlu bermain cantik sehingga tak menyakitkan hatinya.

Sebuah penelitian baru dari Baylor University menemukan bahwa rekan kerja yang kasar atau mengganggu tidak saja membuat kenyamanan terganggu, tapi juga menimbulkan ketidaknyamanan kerja hingga terganggunya kehidupan pribadi. Lantas, bagaimana cara untuk menghentikan rekan kerja tersebut? Beberapa trik berikut dapat mengatasinya, seperti dilansir Cosmopolitan.

Dia membuang ide Anda bagaikan sampah di depan atasan Anda

Menghadapi hal ini, cukup katakan padanya, "Saya pikir tidak seperti itu..." Ucapkan dengan tenang pembelaan tersebut dan bergegaslah pergi.

Ucapan tersebut akan membuatnya mengerti bahwa Anda bukan tipe penurut. Atasan Anda pun akan terkesan ketika berada pada pendirian Anda tanpa perlu menanggapi ucapan rek an kerja yang menyebalkan tersebut.

Dia selalu mengatakan hal-hal seperti, "Wow, Anda tampak begitu lelah hari ini" atau "Apakah Anda sedang sakit?"

Katakan padanya, "Oh, saya merasa baik-baik saja. Saya selalu bangun pagi dan aktif melakukan lari pagi atau mengambil kelas yoga, dan lain-lain"

Dari pernyataan Anda, rekan kerja tersebut mendapatkan dua hal. Pertama, Anda tidak membiarkan bahwa pernyataan tersebut hanya omong kosong. Kedua, Anda jauh lebih sibuk dan tidak ada waktu untuk memikirkan omong kosongnya.

Dia tidak menyertakan Anda pada sebuah proyek bersama dan mengharapkan Anda menyelesaikan semuanya.

Katakanlah padanya, "Dengar, saya tahu Anda tidak menghiraukan ini, tapi mari kita rencanakan ini bersama-sama kalau tidak kita berdua akan terlihat buruk di depan atasan."

Jika Anda mengatakan kepadanya bahwa dia pikir Anda yang akan menyelesaikan semua pekerjaan tersebut, justr u dia akan bersikap defensif. Dengan cara ini, dia akan mendapatkan pesan mematikan dari Anda. Setelah terselesaikan, segera kirim e-mail kepada bos dan katakan padanya betapa Anda menikmati mengerjakan proyek tersebut, dan beritahukan padanya bahwa Anda senang jika mendapatkan tugas serupa di kesempatan lain.

Dia mengajak semua orang di kantor untuk makan siang bersama, kecuali Anda

Kirimkan e-mail pada rekan tersebut dengan ramah, dan katakan bahwa Anda mendengar rencana makan siang bersama tersebut. Katakan padanya, Anda sangat senang jika dapat bergabung di dalamnya.

Dengan demikian, Anda akan terhubung dengan rekan kerja Anda yang lainnya. Dia pun justru merasa buruk di hadapan rekan kerja yang lain karena tidak mengajak Anda bersantai bersama.

Dia mengambil ide Anda dalam sebuah rapat.

Jika Anda merasa bahwa dia mencuri ide Anda, tunjukkan padanya bahwa Anda menguasai ide ter sebut dan terbukti Anda-lah yang memiliki ide itu. (ind) (tty)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar