Rabu, 20 Juni 2012

Menyikapi si Sulung yang Akan Memiliki Adik

Menyikapi si Sulung yang Akan Memiliki Adik

SETELAH memiliki seorang anak, kebanyakan pasangan suami-istri ingin memiliki anak kembali. Hal ini dianggap wajar dilakukan karena tidak sedikit pasangan berpikir positif. Mereka menilai bahwa jarak usia yang tidak terlalu jauh antara kakak dan si adik membuat keduanya bisa bermain bersama dan hubungannya jadi lebih dekat.


Namun, hal ini tentu saja kembali kepada orangtua dalam mengkomunikasikan terhadap sang kakak bahwa ada adiknya di perut sang ibu.  
“Si kakak harus didekatkan pada ibunya. Diajak bicara terus hingga adiknya lahir,” tutur Seto Mulyadi, psikolog sekaligus pemerhati anak kepada Okezone melalui sambungan telepon, Selasa, 19 Juni 2012.
 
Begitu juga dengan peran ayah. Menurut pria yang akrab disapa Kak Seto ini, sang ayah tetap harus memberikan perhatian ekstra, baik kepada si kakak maupun ibunya yang sedang hamil. Karena biasanya, ibu yang sedang hamil lebih emosional sehingga membutuhkan perhatian yang lebih.
 
Begitu juga dengan sang kakak yang akan segera memiliki adik lagi, selain perhatian yang diberikan padanya, ayah juga bisa berperan mengenalkan sang adik dalam kandungan kepada kakaknya.
 
“Pada saat sudah lahir pun juga tidak terlalu memberikan perhatian yang berlebihan kepada sang adik. Misalnya, kalau ada tamu yang datang ke rumah, jangan terlalu membedakan perhatian yang diberikan kepada adiknya yang baru lahir, sehingga sang kakak pun tidak merasa dilupakan,” tutupnya. (ina)
(tty)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar