Sabtu, 16 Juni 2012

Persiapan Liburan Bersama Keluarga

Persiapan Liburan Bersama Keluarga

ANAK-ANAK sering merasa cepat bosan. Apalagi ketika Anda sekeluarga sedang melakukan perjalanan jauh dalam rangka liburan. Namun, semua itu dapat disiasati dengan berbagai hal yang menyenangkan bagi si kecil.
 
Berikut ini beberapa trik yang harus Anda ketahui agar anak si kecil merasa senang dan nyaman selama di perjalanan, seperti yang dilansir Parenting.

Buat daftar keperluan anak

Agar tidak ada yang terlupa, cobalah membuat list keperluan anak. Perlengkapan penting yang sebaiknya tidak Anda lupakan, antara lain:
- Tisu basah dan cairan  antiseptik agar anak tidak rentan terkena kuman.
- Kantong plastik untuk persiapan jika anak ingin muntah
- Bantal dan selimut agar saat tidur lebih nyaman.
 
Sesuaikan jadwal

Jika naik pesawat jarak jauh, sebaiknya cari  penerbangan langsung. Usahakan memilih jadwal terbang di waktu anak tidur atau menyusui. Untuk anak lebih besar, usahakan duduk dekat jendela. Sebisa mungkin tiba di airport lebih awal sehingga Anda tak terburu-buru. Hal ini juga berlaku, jika Anda berpergian naik kereta.

Bila naik mobil, buat ruang tertentu agar anak  bisa tidur. Ada baiknya, Anda berangkat pagi-pagi sekali. Dengan begitu, setelah berganti baju, mereka bisa kembali tidur. Dan, ketika terbangun, perjalanan sudah cukup jauh.

Kenakan pakaian yang nyaman

Pilih bahan pakaian anak yang menyerap keringat, seperti katun. Jangan lupa membawa jaket. Sediakan tas khusus untuk baju-bajunya. Bawa juga tas kecil yang berisi obat-obatan, botol dan susu bubuk, makanan kecil favoritnya, buku gambar dan krayon, serta mainan atau boneka kesayangannya. Jika anak Anda sudah besar, biarkan ia mem bawa tasnya sendiri.

Ciptakan permainan

Biasanya, perhatian anak bisa teralihkan jika membawa mainan mereka.Tapi, Anda juga bisa menciptakan permainan agar mereka senang dan nyaman selama perjalanan. Misalnya, Anda bisa membeli kartu, atau buku. Dari situ, Anda bisa mengajak mereka bermain. Buatlah anak Anda bersemangat dengan menceritakan hal-hal yang menyenangkan. Dijamin, anak tidak akan mengeluh lagi.   

Siapkan camilan favorit

Siapkan satu tas kecil khusus yang berisi makanan atau minuman ringan untuknya. Misalnya, susu atau jus buah kemasan, keripik, biskuit, dan buah-buahan. Sebaiknya, aturan tidak boleh ngemil dilanggar saja dulu. Toh, ini adalah momen liburan. Jadi, saat mereka merasa lapar, ajak mereka membuka bekal yang disiapkan dari rumah.

Anak tidur, Anda istirahat

Waktunya dia tidur, sebaiknya Anda beristirahat juga. Waktunya dia makan, ajaklah dia makan. Jika t idak, anak Anda bisa rewel sepanjang hari, bahkan  mudah sakit. Bila anak mulai gelisah, Anda dapat mampir di rest area. Biarkan dia bermain dan berlari-lari di sekitar tempat istirahat. Biasanya dia rewel karena otot-otot badannya kaku.
(tty)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar