Rabu, 16 Mei 2012

Mengapa Anak Jadi Kleptomania?

Mengapa Anak Jadi Kleptomania?

BANYAK ibu mengeluhkan perilaku buruk anaknya yang gemar mengambil barang alias kleptomania. Nah, sebelum menjadi gejala lebih lanjut, pelajari sebabnya berikut ini.

Anak-anak kerap mencuri hal-hal kecil di rumah, mulai dari uang dan barang-barang berharga dari lemari hingga makanan. Jika dilakukan satu kali, mungkin orangtua masih dapat memahami. Parahnya, kegemaran mengambil barang yang bukan miliknya tersebut alias kleptomania terus berlanjut secara luas.

Timbulnya gejala ini biasanya dikarenakan adanya gangguan pada otak anak. Pasalnya, seringkali pengambilan barang tersebut  tidak didasari motif untuk mencari keuntungan. Bahkan, ketika tertangkap basah pun mereka tidak dapat menjelaskan alasan tindakan negatifnya tersebut.

Untuk mengetahui motifnya lebih lanjut, kenali beberapa penyebab anak mencuri berikut ini, seperti dilansir Boldsky.

- Kebanyakan penderita kleptomania berasal dari keluarga yang b erkecukupan. Gangguan seperti ini biasanya timbul akibat kurangnya perhatian orangtua. Anak kleptomania biasanya mulai mencuri benda kecil seperti cokelat, pensil, mainan, dan sebagainya sebelum mulai mencuri uang.

- Saat kedua orangtuanya sibuk bekerja, anak kerap merasa terabaikan. Biasanya mereka melakukan ini untuk mendapat perhatian orangtua atau mencari simpati.

- Dalam beberapa keluarga dengan anak lebih dari satu, ada anak yang merasa kurang disayangi layaknya saudara yang lain. Demi mendapatkan cinta dan kasih sayang, mereka rela melakukan tindak kriminal seperti ini.

- Terkadang, mencuri dilakukannya hanya untuk menyenangkan temannya. Teman memiliki pengaruh yang besar pada anak.  Tak jarang, anak terlibat dalam kasus negatif tersebut karena pengaruh teman-temannya. (ind) (tty)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar