Jumat, 11 Mei 2012

Libatkan Model Berkulit Cokelat, Iklan H&M Diprotes

Libatkan Model Berkulit Cokelat, Iklan H&M Diprotes

GARA-GARA menggunakan model berkulit kecokelatan, iklan HM mendapat protes. Pasalnya, iklan tersebut dinilai bertentangan dengan usaha untuk mengampanyekan bahaya kanker kulit dari sebuah organisasi kanker di Swiss.

Iklan pakaian renang terbaru HM diprotes para ahli kanker kulit karena menggunakan model yang kulitnya sangat kecokelatan. Di iklan yang terpampang di berbagai billboard di Inggris dan Eropa tersebut, tampak seorang model bernama Isabeli Fontana mengenakan bikini warna pink, namun kulit model itu sangat cokelat.

Menurut para ahli kulit, kulit cokelat sang model tampak tidak normal. Tidak jelas bagaimana kulit model asal Brasil 28 tahun itu bisa begitu cokelat, apakah dia menggunakan produk pencokelat kulit, berbaring di bawah sinar matahari, atau fotonya yang direkayasa, seperti dilansir Dailymail.

Dr. Ralph Braun dari Pusat Kanker Kulit Dini di Zurich Universit y Hospital mengatakan, "Saya merasa iklan ini sangat memprihatinkan dan sudah melewati batas. Banyak orang, terutama kaum muda akan mencoba untuk meniru iklan ini untuk membuat kulit mereka secokelat model dalam iklan ini. Padahal, beberapa jenis kulit tidak mungkin bisa berubah menjadi secokelat itu.”

Cornelia Egli, juru bicara Liga Kanker Swiss berkata, "Ini benar-benar bertentangan dengan usaha kami untuk mengampanyekan bahaya kanker kulit.”

HM membela diri dengan mengatakan pada media Swiss bahwa mereka memilih model dengan kulit yang lebih gelap untuk lebih menunjukkan warna pakaian pada penjualan musim ini. Perusahaan pakaian asal Swedia itu mengatakan, sang model, Fontana, memang memiliki kulit gelap atau cokelat yang alami. Namun setelah ditelusuri, ternyata ada banyak foto Fontana dengan warna kulit yang lebih terang. (ind) (tty)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar