Selasa, 22 Mei 2012

Kiat Pasutri Atasi Masalah Keuangan Keluarga

Kiat Pasutri Atasi Masalah Keuangan Keluarga

 
Berikut ini kiat pasangan suami-istri (pasutri) mengatasi masalah keuangan keluarga.
 
- Hadapi perbedaan
 
Menurut Olivia Mellan, pengarang buku Money Harmony, tidak ada pasangan yang selalu sepakat soal uang, biarpun keduanya sama-sama hemat maupun suka belanja. Jadi, hadapilah perbedaan itu dan usahakan untuk berdiskusi tanpa emosi.
 
- Beri pujian
 
Suami pelit dan penuh perhitungan? Atau sebaliknya Moms yang begini? Sesekali pujilah bagaimana pasangan Anda berhati-hati terhadap pengeluaran.
 
Suami suka berbelanja barang branded? Anda bisa katakan padanya bahwa seleranya bagus. Dengan tidak selalu mengritik pasangan tentang keputusannya terhadap uang, hubungan Anda berdua mengenai keuangan dapat lebih baik. 
 
- Buat sistem keuangan
 
Biasanya Dads menjadi terlalu irit lantaran mengetahui sikap Moms yang gemar berbelanja. Untuk itu, tunjukkan pada pasangan kalau Moms bukan wanita yang “gila” shopping dengan membuat sistem keuangan. Dengan ini, mungkin selanjutnya dia jadi mempercayai Anda dan bersedia memberikan amplop uang ekstra tebal untuk belanja.
 
- Jadwal rutin
 
Perlu satu hingga dua kali sebulan, Moms and Dads duduk bersama membicarakan keuangan. Dengan pembicaraan terjadwal, Anda berdua selalu tahu kondisi keuangan keluarga terkini.  (Sumber: Mom Kiddie)
(tty)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar