Senin, 07 Mei 2012

Dukung Anak Jalani UN, Orangtua Perlu Lakukan Ini

Dukung Anak Jalani UN, Orangtua Perlu Lakukan Ini

 
Pekan ini, siswa Sekolah Dasar sibuk menjalani Ujian Nasional (UN). Masa penentuan kelulusan tersebut tentu bukan fase mudah untuk dilewati. Karenanya, dukungan orangtua sangatlah dibutuhkan. Berikut ini beberapa langkah yang dapat dilakukan seperti dipaparkan Sani B Hermawan, Psi., Direktur Lembaga Psikologi Daya Insani.

Dampingi persiapan ujian

Orangtua dapat membantu anak mengingatkan hal-hal yang harus dibawanya saat ujian. Usahakan anak tidak lupa membawa peralatan tulisnya serta kartu ujian nasional saat berangkat ke sekolah.

Jangan datang telat

Ujian nasional adalah momen penting dalam pendidikan anak. Karenanya, persiapkan anak agar tidak terlambat. Biarkan anak mendapat istirahat yang cukup, namun tetap bangun tepat waktu. Orangtua juga dapat menunjukkan dukungannya dengan mengantarkan anak berangkat sekolah.

Ulangi pelajaran

Orangtua dapat mendampingi anak mengulang pelaja ran dengan nyaman dan tidak menekannya. Hindari mengerjakan soal yang belum ada kunci jawabannya. Karena bila tidak bisa menjawab, maka dia akan panik dan apa yang sudah dipelajarinya justru hilang.

Jaga mood anak

Usahakan suasana hati anak dalam keadaan yang baik. Bila Anda terbiasa memarahi anak untuk hal-hal tertentu, sebaiknya hindarilah. Kalau biasanya ibu memarahi anaknya karena kamarnya berantakan, saat ujian nasional sebaiknya jangan dilakukan. Membuat anak senang dengan memasakkan makanan kesukaannya juga dapat menjadi pilihan orangtua. (ind)
(tty)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar